3 Cara Mengurangi Obesitas pada Anak

Sabtu, 28 Desember 2019 - 09:02 WIB
3 Cara Mengurangi Obesitas...
3 Cara Mengurangi Obesitas pada Anak
A A A
JAKARTA - Sesuai penelitian yang dilakukan pada 2018 oleh Childhood Obesity, sebanyak 8,82 persen anak-anak di India mengalami obesitas. Ini masalah yang memprihatinkan karena dalam dua dekade terakhir, obesitas telah menyebabkan peningkatan dramatis dalam insiden diabetes tipe 2 pada anak-anak.

Menurut penelitian, rutinitas anak memengaruhi lingkar pinggang mereka dan mengikuti jadwal selama tahun-tahun prasekolah berdampak pada kesehatan mereka hingga praremaja.

Penelitian mengatakan bahwa mengajar anak-anak di awal kehidupan tentang bagaimana mengatur kesehatan fisik dan emosi mereka adalah kunci menuju kehidupan yang bahagia dan sehat di masa depan.

Para peneliti mengamati 11.000 anak-anak dari U.K. Millennium Cohort Study, yang lahir antara 2001-2002. Mereka menemukan bahwa 41 persen anak-anak pada usia 3 tahun memiliki waktu tidur yang teratur, hampir setengah dari mereka memiliki waktu makan yang teratur dan 23 persen dari mereka memiliki waktu layar yang terbatas.

Menurut para peneliti, memiliki waktu tidur yang teratur adalah faktor yang paling penting dalam memprediksi obesitas karena kebanyakan anak-anak yang mengalami obesitas tidak memiliki waktu tidur yang teratur.

Menurut American Academy of Paediatrics, anak-anak berusia antara 3 hingga 5 harus tidur setidaknya 10-13 jam. Tidur sebanyak ini setiap hari adalah salah satu faktor terpenting bagi kesehatan dan perkembangan anak.

Sementara, seperti dilansir Times of India, ada 3 cara untuk mengurangi obesitas pada anak-anak, apa saja?

1. Pertahankan jadwal tidur
Buat jadwal tidur untuk si kecil dan bantu dia mengikuti jadwal yang telah dibuat. Jika anak Anda tidak terbiasa tidur lebih awal, Anda dapat menyesuaikan jadwal dengan membuatnya tidur 15 menit lebih awal setiap hari sampai Anda mencapai waktu yang Anda inginkan.

2. Pertahankan waktu makan yang teratur

Sama seperti jadwal tidur, memiliki jadwal makan sama pentingnya. Pastikan anak Anda mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan dan tidak melewatkan makan.

3. Batasi waktu nonton

Screentime tanpa batas adalah pintu tidak hanya untuk satu tetapi banyak masalah kesehatan, termasuk penglihatan, obesitas dan masalah kesehatan mental. Batasi waktu nonton si kecil untuk perkembangannya yang sehat.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1092 seconds (0.1#10.140)